Bukan Mitos

gw anak yang terlahir di keluarga yang meyakini bahwa potong kuku di hari sabtu itu nggak baik -_- tapi gw yakin gw nggak sendiri, di luar sana pasti ada anak2 yang senasip sama gw, 
Gw tu refleks klo sama temen kuliah ya namanya juga sering ketemu jadi dy hafal bnget klo gw motong kuku cuma pas hari selasa sampe jum'at, soalnya gw pernah baca di buku jadi gw percaya, dan udah gw buktiin juga omongan buku itu bener, makanya gw nggak berani potong kuku selain hari itu tapi pemahaman orang kan beda2.

Gw sampe diejekin lo, ngejeknya keroyokan lagi : kamu itu mel, potong kuku malem nggak boleh, potong kuku hari sabtu nggak boleh, percaya banget sama mitos blablablaaa... panjang banget gw diceramahin, trus ujung2nya dya nanya : pasti nenek kamu orang jawa ya| iya. |Tuhh kan bener dugaan gw sama banget kyak nenek gw wkw | zetaan -_-

Sebenernya gw cuma mau sedikit share pengetahuan soal mitos, ya tiap orang kan pemikirannya nggak sama, misal : gw emang hobi nulis ntar kalian kira curhat padahalkan cari topik nggak segampang cari dosa (re: ngatain orang) sama aja kyak yang mau gw jelasin ini, cara pandang kita kan beda, nah ini dari sudut pandang gw

Memang kadang2 para leluhur cuma bilang : nggak boleh tanpa ngasih tau alasannya, makanya buat yg kontra suka membuat presepsi sendiri yang ngebuat itu jadi mitos, dan sebagian yang lainnya bakal nemuin fakta2 tentang mitos ini. Tapi klo menurut kesimpulan gw sendiri sih ya para leluhur membuat keyakinan semacam itu karena pengalaman yang terjadi secara berulang - ulang, sehingga mereka meyakininya.

Misal gini : nggak boleh potong kuku hari sabtu. Tapi nggak ada penjelasannya kenapa ? Trus gw nggak sengaja baca di buku potong kuku di hari sabtu kesehatan bakal terganggu, gw nggak percayalah apa hubungannya potong kuku sama hari sabtu ? Trs gw potong kuku. Waktu itu gw sehat banget, ehh sorenya gw sakit sampe hari senin gw nggak bisa ikut ujian semester di sekolah''. Trus gw percaya ? Enggak, gw ulangi lagi dan lagi dan sama aja. Dan sejak saat itu gw kapok potong kuku hari sabtu, selama gw nggak pernah potong kuku hari sabtu, gw nggak pernah sakit, aneh sihh tapi cari aman aja gitu. Mungkin dari kejadian berulang-ulang seperti itulah para leluhur bisa mengatakan sesuatu hal itu nggak baik, itu cuma contoh dan tafsiran gw sendiri tapi klo aslinya gw nggak tau.

Niyaa beberapa mitos yang gw maksud
1. Almarhuma nenek gw bilang nggak boleh nyapu klo malem, klo nyapu malem sampahnya di pinggirin aja, tapi jangan buang ke luar, buang ke luarnya pas hari udah pagi aja. gw nggak tau alasannya sama, tapi klo nggak salah sih katanya nolak rezeki. Dinda mah hapal banget klo mitos2 gw begitu wkw, kebetulan waktu itu lagi mid krena takut telat kejebak macet gw nginep di tempat dinda, klo udah berdua mlm2 gitu kebiasaan banget cerita horor, dan kebiasaan dinda ngungkit2 kebiasaan gw yg kadang percaya mitos, kebetulan juga dia pernah nginep rumah gw jadi dia makin pinter ngehafal mitos di rumah gw, tiba2 dalam suasana senyap dinda nimpalin omongan gw : ''ehh iya loh mel bukde aku juga pernah gitu, dia udah tau nggak boleh nyapu malem2, biasanya dia juga sampahnya dipinggirin juga pas pagi baru di buang, ehh pas waktu itu nggak sampahnya malah diterusin aja di buang ke bawah jam 3 malem," "trus gimana",tanya gw penasaran. "Trus tau nghak tiba-tiba ada bunyi kurukkurukkuruk dari atas atep", "bunyi apa tuh?" "Bunyi burung hantu trus gak lama dari situ ada suara nangis " hiiii... kami berdua reflek teriak, "din pintunya kebuka tutup din tutup nanti ada hantu masuk" kata gw panik. Demi apapun juga di zaman yang lagi marak berita pembunuhan gw malah lebih takut sama hantu dari pada sama pembunuh atau perampok.

2. Anak perempuan yang masih kecil nggak boleh di make up.
Mitos ini berlaku di keluarga kami, jadi selama gw tk tiap ada event nari2 gitu gw nggak pernah ikut. Nyokap janji klo udah kls 5 atau 6 baru boleh ikut kegiatan nari. Waktu itu aja waktu adiknya ayah gw nikah udah dipesenin baju pengantin kecil 2 untuk gw ama sepupu oleh nyokapnya sepupu tapi dibatalin sm nyokap gw karena dikeluarga nyokap emang nggak boleh, jadi menurut keyakinan keluarga nyokap gw kalau anak perempuan yang masih kecil nggak boleh di make up atau pake baju2 pengantin nanti meninggal di usia muda. Makanya waktu nyokap bokap gw nikah yang jadi pengantin kecilnya 3 kak sepupu gw yg cowok semua, tapi pada saat itu 1 kk sepupu cewek gw pengen banget jd pengantin kecil, dikarang babget sama keluarga besar tapi karena nangis2 almarhuma nenek jg nggak tega akhirnya diizinin, dan kk sepupu cewek gw itu meninggal pas dia Sma. Meninggalnya mendadak nggak ada sakit, :') emang udah ajal tapi tetep aja pasti ada rasa trauma kalau kita mau mengulanginnya lagi.

3. Gw lupa nantilah gw lanjutin lagi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

For you guys

#JurusanKuliah