Bacaan 50+ (50 tahun ke atas)




Assalamualaikum
Tulisan ini dibuat untuk mengajak teman teman sejawat juga adik dan kakak yang beda usia tipis, ke bayangan  usia kita ketika sudah memasuki usia 50+ mendatang. Tulisan ini dibuat menggunakan kekuatan imajinasi yang sudah diolah dari imajiberas.

Oke, on point ya...

Karena akan ada masanya, kita merasakan berada di usia lanjut, di usia 50 tahun ke atas. Terbangun dengan perasaan tulang belulang terasa menipis, gerak ke kanan seperti ada bagian tulang yang retas,  gerak ke kiri pun sama.  Nurunin kaki dari kasur bagai nurunin anak gorila yang nempel di betis,  berat bagai rindunya dilan. 

Bangun-bangun ngadep kaca kayak ngadep bayangan leluhur,  kulit wajah sudah kendur dan banyak kerutan. Rambut putih, alis putih, bulu mata putih, untuk para wanita gpp. Tenanglah saudarikuu masih ada pensil alis dan maskara, tapi untuk para lelaki, gpp juga, tenanglah. Masih ada istrimu yang tetap mencintai dalam segala perubahan eaaa~ makanya meniqahlah dengan cewek yang nilai budi pekertinya A+. (padahal gw sendiri gatau budi pekerti itu masuk ke mata pelajaran apa?)

Lanjut yaa..
Mau keluar kamar juga udah (agak) lupa pintu di sebelah mana. Mata udah remang-remang masuk kamar mandi susah bedain mana pasta gigi mana pencuci muka, iya klo masih inget cuci muka, usia segitu daripada cuci muka mending cuci otak biar nggak pelupa. Usia segitu emang memori otak udah banyak keformat, jadi kalau you ketemu orang tua terus nanya anak siapa pulang kemana, maklum aja, jawab denga sopan santun jangan "ngeuna-una" (merupakan bahasa palembang yang artinya klo ga salah ngelunjak, kalau salah tolong dibantu ralat ya karena saya darah palembangnya ga ori)

Hari-hari di mana minat untuk ngecek notif di hp ga sepenting ngecek tensi darah, jumlah followers instagram nggak sepenting jumlah kadar gula, hari-hari dimana hp bunyi bukan karena ada notif chat, tp notif peringatan hari ini cek kolesterol, kalaupun ada chat balesnya jadi lebih lambat, faktor jari yang nggak lentur lagi dan mata yang udah remang2, liat keyword bingung susah bedain huruf h dan b, D dan O, juga E dan F. Gpp asal ga susah bedain mana anak kandung mana anak tetangga.

Tapi gw bingung, kira2 klo udah usia 50+ pas nyamber di grup whatsap bakal opening dengan kalimat apa ya? Kan klo usia2 kita gini klo nyamber di grup whatsapp mau nanya atau nginfo openingnya dengan kalimat "guys" Misal "guys ada yang tau blabla" Atau "guys dateng ya minggu ntar blabla" dsb, trs klo usia 50+ nanti apa yahh masih "guys"kah atau ada panggilan lain, klo gw ngepo hp emak bapak gw sih di grup WAnya paling openingnya "ibu-ibu,bapak-bapak", isinya himbauan , becandaan +undangan nikah anak +undangan syukuran cucu, gada mereka guys2, bro, sistan lagi.

Kalo nanti temen2 ngajak meet up, nostalgia pas lagi ngumpul dan di meja sebelah tempat duduk ada kumpulan remaja trus bilang"eh lihat deh anak-anak remaja di meja sebelah kayak kita dulu ya" padahal pas masih remaja liat ada ibu2 bapak2 di meja sebelah suka bilang "eh lihat deh rombongan bapak ibu di meja sebelah kayak bayangan kita di hari tua"

Trus pas ditanya "mau makan apa?" nggak lagi bilang "gw ngikut aja" Tapi jawabnya "makanan yang rendah lemak, tidak mengandung glukosa, jangan daging, jangan ini itu, bla..bla..." dan kemudian seperti biasa, pas lagi seru-seru cerita hp bunyi, ga lagi bilang "eh..eh.. pulang duluan ya udah ditlpn mama di suruh pulang" Tapi bilang "eh..eh.. pulang duluan ya udah dijemput suami mau cek asam urat" Atau yang cwok "eh..eh.. pulang duluan ya udah ditlpn istri minta anter cek gula darah"

Kelelahan diusia 50+ pasti udah beda dan lebih berat.
Ada banyak kelelahan, lelah kerja, lelah ngadepin usia, lelah ngadepin anak yang berpotensi menghancurkan perekonomian keluarga, buku harga 50ribu bilang 100ribu, minta duit bilang kerja kelompok padahal jalan2 genk. Hahaha, semoga nggak yaa, semoga anak keturunan kita, teladan semua, kayak kita2 waktu muda sekarang ini, that's why, penting banget untuk manut sama orang tua, apa maunya dituruti ntar kalau udah jadi orang tua barulah tau rasanya kecewa klo punya permintaan tapi ga diturutin sama anak.

Coba duduk lebih dekat dengan orang tua, kita sering menghabiskan waktu bersama orang tua, tapi jarang menatap wajahnya dalam2 hingga terdefinisi tentang sisi lelah yang mereka sembunyikan. Orang tua peduli banget sama anaknya sampe lupa peduliin diri sendiri, jadi tugas kita ya peduliin orang tua, memperlakukan mereka sebaik-baiknya. Gw klo ke orang tua chatnya berparagraf-paragraf udah kayak bikin cerpen, segalanya gw ceritain, tapi gw jadi mikir orang tua ga pernah cerita sebanyak itu, yang dia mau anaknya cuma denger2 hal positif dari mereka. Emang inspirasi pertama itu orang tua, so otw 50+ we have to prepare as good as we can.

Jaga diri jaga kesehatan, ga semua orang 50+ bermasalah dengan ingatan dan kesehatan kayak yang gw tulis di atas, gw bikin begituan biar lucu aja, walaupun yang baca belum tentu ketawa, sehat itu bukan masalah di umur, tapi lebih ke depend on cara hidup kita.

Kesehatan dan waktu di dunia emang anugrah yang bener2 harus disyukuri.

Balik lagi usia manusia nggak ada yang tau, semoga kita bisa merasakan dan melewati usia tua bareng anak cucu, tetap perbenah diri, dan lakukan yang terbaik, apapun yang akan terjadi kemudian kita pasrahkan kepada Allah, insya Allah semua yang terbaik bagi kita semua Aamiin.

Sekian,
Wassalamualaikum.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

For you guys

#JurusanKuliah

Bukan Mitos